Sabtu, 05 Desember 2009

Lirik Posisi Ketum, Guruh Kumpulkan Pengurus

Guruh Sukarnoputra
Guruh Soekarnoputra mengumpulkan Ketua dan Sekretaris DPC PDI Perjuangan seluruh Jawa Timur di Ngawi, Minggu (6/12). Guruh tengah menggalang dukungan untuk pencalonannya sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan.

Ketua Tim pemenangan Guruh untuk wilayah Indonesia Timur Zainal Abidin menuturkan, Guruh sudah mendapat dukungan dari berbagai provinsi. Pertemuan di Ngawi diharapkan menambah jumlah pendukung Guruh. "Kader masih banyak menginginkan Keluarga Bung Karno memimpin PDI yang artinya tinggal Mbak Mega atau Mas Guruh. Saat menutup rakernas (Rapat Kerja Nasional), Mbak Mega meminta PDI memikirkan regenerasi," ujarnya di Surabaya, Minggu (6/12).

Pertimbangan dua hal itu membuat sejumlah daerah mendukung Guruh. Apalagi, Guruh bukan orang baru di PDI-P. "Mas Guruh sudah mewakili PDI di DPR selama lima periode," ujarnya.

Zainal menuturkan, sejauh ini beberapa provinsi di Sulawesi dan Papua sudah menyatakan dukungan kepada Guruh. Mereka siap mewujudkan dukungan itu lewat keputusan di pleno. "Sesuai keputusan Rakernas November lalu, proses penetapan calon mulai Desember sampai Februari nanti," ujarnya.

Rapat Kerja Nasional PDI-P November 2009 menetapkan penjaring calon ketua dimulai pertengahan Desember 2009 hingga Februari 2010. Setiap cabang akan menetapkan calon akan yang akan diusung lewat rapat pleno. "Perwakilan di kongres nanti tinggal menyampaikan keputusan pleno. Bukan membawa pilihan sendiri. Mekanisme di PDI-P berbeda dengan partai lain. Di sini tidak ada istilah tilap suara yang diinginkan kader di bawah," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar